SEJARAH

FICG

Gereja internasional FICG (Freie Internationale Christliche Gemeinde) yang terdaftar sebagai Gereja Kristen Indonesia adalah sebuah gereja Kristen yang percaya kepada Yesus Kristus. FICG bertumbuh dan tersebar di Jerman dengan FICG Hamburg sebagai pusatnya. Sampai saat ini FICG selain di Hamburg dapat juga ditemui di beberapa kota di Jerman yang lain, yaitu Berlin dan Hannover.

Tuhan menambahkan banyak orang ke dalam jemaat kami, bukan hanya orang Indonesia, tetapi juga dari negara-negara lain, seperti dari Cina, Malaysia, Filipina, Puerto Riko, Jerman, dll. Tujuan kami memang bukan hanya menjangkau orang Indonesia saja, tetapi dari segala bangsa yang semuanya dikasihi Tuhan. Tanpa mengubah singkatan dari FICG, di mana pada awalnya „I“ merupakan singkatan dari „Indonesia“, kami merubahnya menjadi „International“. Supaya dengan demikian tidak menjadi halangan bagi semua bangsa untuk beribadah kepada Tuhan bersama-sama.

 

Sejarah gereja FICG dimulai di Hamburg pada tahun 1986 bermula dari satu kelompok kecil yang terdiri dari beberapa mahasiswa. Mereka mempunyai kerinduan akan sebuah persekutuan Kristen untuk saling mendoakan dan saling menguatkan iman di tengah-tengah kehidupan kota Hamburg yang cukup berat. Pada mulanya mereka mengadakan persekutuan di kamar-kamar mereka di tempat tinggal mahasiswa/i. Meskipun hanya terdiri dari dua atau tiga orang yang hadir, tetapi mereka percaya akan firman Tuhan yang berkata, jika dua tiga orang berkumpul dalam nama-Nya, di sana Dia hadir. Dan jika Tuhan hadir, maka Roh-Nya akan bekerja. Tidak lama kemudian kamar-kamar ini tidak lagi cukup besar untuk memuat persekutuan ini, karena Tuhan menambahkan jiwa-jiwa yang rindu untuk memuji dan menyembah Tuhan, saling mendoakan dan menikmati firman-Nya bersama-sama. Karena itu mereka harus mencari tempat yang lebih besar dan hal ini tidak mudah. Mereka harus berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Mereka pernah mengadakan persekutuan di ruangan di bawah tanah yang cukup dingin, di waktu lain di sebuah ruangan bersama di gedung untuk mahasiswa/i tinggal, kemudian juga pernah di ruangan kecil dari sebuah gereja Jerman dan di banyak tempat yang lain. Sampai pada akhirnya untuk senggang waktu yang agak lama mereka dapat bersekutu di sebuah gereja di daerah Dulsberg-Hamburg.

Tuhan melihat kehausan dan ketulusan hati mereka. Bukti dari kerja Roh Kudus atas mereka, yaitu saat pada tanggal 15 Mei 1994 Tuhan memberi mereka satu tempat yang tetap, dimana mereka dapat beribadah, yaitu di Ahrensburger Str. 40, di Hamburg-Wandsbek. Tidak hanya tempat yang Tuhan tambahkan pada kami. Sejak tanggal 10 Mei 1995 kami menjadi anggota dari Ikatan Gereja Pentakosta (BFP.KdöR).Selain mayoritas mahasiswa/i, Tuhan juga menambahkan anak-anak sekolah dan ibu-ibu rumah tangga, pekerja dan pengusaha ke dalam jemaat. Meskipun manyandang nama gereja Indonesia, kami juga terbuka bagi segala warna kulit, bahasa dan bangsa. Dari perbedaan-perbedaan ini terbentuk sebuah keluarga dalam Tuhan, yang berbeda tetapi satu di dalam kasih dan anugerah Kristus.

Kami menyadari, bahwa kami tidak dapat berdiri dan bekerja sendiri dalam mengibarkan bendera Kristus di bumi ini, terutama di Eropa. Maka kami pun menjalin kerja sama dengan gereja-gereja Indonesia lainnya yang berada di hampir setiap kota-kota besar di Jerman, seperti Berlin, Bremen dan Hannover dan di kota-kota besar dan kecil di Belanda, Belgia dan Perancis.

 

VIsi

1. Menjadikan bangsa-bangsa murid Kristus

"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah,Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28:19-20)

2. Menjadi berkat bagi bangsa-bangsa

MIsi

1. Membangun generasi yang berkenan kepada Tuhan dan dapat memberkati sekitarnya

2. Menjadi rumah dan keluarga bagi setiap orang yang percaya untuk bertumbuh, saling menguatkan dan semakin dipulihkan di dalam Kristus

3. Menolong orang-orang yang letih dan berbeban berat serta menuntun mereka kepada Yesus, pribadi satu-satunya yang dapat menolong.

 

Kepercayaan

1. Kami anggota FICG percaya kepada Allah Bapa, pencipta bumi ini. Bapa telah mengirimkan anakNya yang tunggal, Yesus Kristus, satu-satunya Tuhan dan penebus bagi manusia. Kami mengakui, bahwa Roh Kudus dapat bekerja dalam hidup manusia dengan kekuatan dan kuasa-Nya.

2. Kami percaya kepada Firman dalam Perjanjian Lama dan Baru dalam keasliannya dan menjadikan kebenarannya sebagai teladan hidup kami.

3. Kami percaya:

  • akan ketritunggalan Allah : Bapa, Putra dan Roh Kudus

  • akan kelahiran. kematian, kebangkitan dan kedatangan kembali Yesus

  • akan pribadi dan karya Roh Kudus

  • bahwa kuasa Yesus hari ini masih sama, masih menyembuhkan dan melakukan mujizat

  • bahwa ada kuasa dan Firman Tuhan dan juga kuasa puji-pujian

  • kami mempraktekkan baptisan orang percaya secara alkitabiah (baptisan orang dewasa), perjamuan kudus