PERSYARATAN STUDI DI JERMAN:

 

1. SERTIFIKAT B1 BAHASA JERMAN

 

Untuk Anda yang ingin mengambil Bachelor, menurut peraturan permohonan VISA, Anda harus sudah memiliki bukti kemampuan berbahasa Jerman. Yang paling umum adalah Sertifikat B1.

 

Namun, sekarang Sertifikat B2 Bahasa Jerman lebih direkomendasikan, karena sudah banyak Studienkolleg yang mempunyai persyaratan kemampuan Bahasa Jerman B2 untuk Aufnahmeprüfung (ujian masuk Studienkolleg). Apabila Anda hanya memiliki Sertifikat B1 dari Indonesia, Anda dapat melanjutkan kursus bahasa di Jerman.

 

Di Indonesia, Sertifikat Bahasa dapat didapatkan di beberapa institusi seperti Goethe Institut dan Wismar Jerman.

 

2. STUDIENKOLLEG & BUKTI KESERIUSAN BELAJAR

 

Menurut informasi yang terbaru, setiap orang ingin memohon VISA dalam rangka kuliah, harus menyertakan bukti keseriusan Anda untuk belajar dalam bentuk percakapan antara Anda dengan Uni, FH (Fachhochschule) atau Studienkolleg yang dituju,  dalam bentuk Email sebagai bukti korespondensi.

 

Selain itu, dibutuhkan juga surat motivasi yang dibuat oleh pelamar VISA sendiri. Dalam surat tersebut, harus dijelaskan rencana studi yang jelas, seperti alasan pemilihan Studienkolleg atau Uni/FH atau rencana untuk melanjutkan kursus bahasa terlebih dahulu.

 

Jika tidak ada rencana untuk melanjutkan kursus bahasa, Anda bisa menyertakan Zulassungsbescheid (surat penerimaan) dari Studienkolleg atau Uni/FH yang dituju.

 

Penting: Sangat direkomendasikan untuk tetap mendaftar kursus bahasa di Jerman apabila hanya baru mendapatkan Einladung zur Aufnahmeprüfung (undangan untuk ujian masuk Studienkolleg) dan bukan Zulassungsbescheid, karena pada umumnya, undangan untuk ujian saja tidak akan cukup.

 

Daftar Studienkolleg non-swasta dapat Anda temukan di link ini: 

 

Cara mendaftarkan diri untuk ujian masuk Studienkolleg bisa Anda lakukan antara direkt dengan mengirimkan dokumen lewat post atau lewat UNI-ASSIST (https://www.uni-assist.de/) dengan cara membuat akun di dalamnya terdahulu.

 

Diharap membaca persyaratan Studienkolleg atau Uni/FH yang dituju dari website nya masing-masing.

 

3. PENDAFTARAN SEKOLAH BAHASA

 

Anda dapat mendaftarkan diri di sekolah bahasa di Jerman, di kota pilihan Anda atau di kota yang memiliki sekolah bahasa. Biasanya pendaftaran ini berlaku 3 bulan untuk setiap level bahasa yang didaftarkan.

 

Sertifikat bahasa seperti Sertifikat B2 dapat diambil di sekolah bahasa setelah menyelesaikan kursus.

 

4. MEMBUAT SPERRKONTO (REKENING YANG DIBEKUKAN)

 

Rekening yang dibekukan, dalam arti ada pembatasan penarikan jumlah uang per bulannya, harus dimiliki atas nama pemohon VISA untuk biaya satu tahun pertama di Jerman.

 

Dana yang harus dibekukan pada saat ini berjumlah 10,332€. Berarti pemilik rekening dapat menarik uang maksimal sejumlah 861€ per bulannya.

 

Rekening dapat dibuka pada institusi keuangan di Jerman. Institusi yang sering digunakan oleh mahasiswa Indonesia di Jerman yaitu Deutsche Bank, Fintiba dan X-Patrio.

 

Untuk informasi mengenai pembukaan rekening pada institusi keuangan di atas, dapat dibaca di link ini: https://jakarta.diplo.de/blob/1892998/94925de9af791f6a6c14b4a97af19650/merkblatt-sperrkonto-data.pdf

 

5. PEMBUATAN ASURANSI KESEHATAN

Asuransi kesehatan dapat didaftarkan dari Indonesia untuk 3 bulan pertama di Jerman (dihitung mulai dari perkiraan berangkat dari Indonesia), lalu diperpanjang di Jerman langsung.


Apabila belum memiliki status resmi Student (mahasiswa), contohnya masih ingin kursus bahasa atau Studienkolleg, pemohon VISA hanya bisa mendaftarkan polis dari institusi kesehatan swasta di Jerman.

 

Disarankan untuk langsung mendaftarkan diri pada institusi asuransi kesehatan yang berlokasi di Jerman, seperti Care Concept, Mawista atau HanseMerkur.

 

6. LEGALISIR & PENERJEMAHAN DOKUMEN

Dokumen-dokumen penting seperti dari SMA atau Universitas, contohnya untuk yang sudah mengambil S1 di Indonesia, harus difotokopi, dilegalisir dan diterjemahkan dari bahasa indonesia atau inggris ke bahasa jerman yang dilakukan oleh penerjemah tersumpah. Untuk biayanya dapat langsung menghubungi penerjemah yang terpilih.

 

Di link ini terdapat penerjemah-penerjemah tersumpah yang bekerja sama dengan kedutaan Jerman di Jakarta: https://jakarta.diplo.de/blob/1890462/29e05804ddc2bc764d837c8aa0f164c9/uebersetzerliste-data.pdf

 

5. MEMBUAT JANJI/TERMIN PERMOHONAN VISA

 

Sebelum Anda pergi menghadap kedutaan Jerman di Jakarta, haruslah Anda membuat janji (Termin) dahulu. Penetapan tanggal dan jam Termin dapat Anda lakukan di website Kedutaan Jerman. Pilihlah waktu yang tepat yaitu; sebelum jam penutupan loket di Kedutaan Jerman.

 

Nb: Baca keterangan selengkapnya mengenai jam buka dan jam tutup Kedutaan Jerman di Jakarta. Penempatan tanggal Termin dapat diganti atau dikembalikan,bila Anda tidak dapat hadir pada tanggal tersebut.

 

Link untuk pembuatan Termin: https://jakarta.diplo.de/id-id/service/-/1687542

 

6. SIAPKAN DOKUMEN PERMOHONAN VISA

 

Visa Nasional (persyaratan umum):

  • Formulir permohonan (2x)

  • Lembar pernyataan sesuai pasal 54 dan 55 Undang-Undang izin tinggal (2x)

  • Pasfoto (3x)

  • Paspor (asli & 2x fotokopi)

  • Polis asuransi kesehatan (asli & 2x fotokopi)

  • Biaya permohonan (dibayar dalam sesuai dengan kurs harian yang berlaku di kedutaan)

 

Formulir-formulir yang dibutuhkan dapat Anda temukan di link di bawah:

https://jakarta.diplo.de/blob/1893006/5cfb19bc2f733e9dfa9d728035fac06e/visa-nasional-data.pdf

 

Dokumen untuk pelamar studi:

  • Daftar riwayat hidup dalam berbentuk tabel (2x fotokopi)

  • Pembiayaan selama tinggal di Jerman (asli & 1x fotokopi)

  • bila ada: Zulassungsbescheid (2x fotokopi)

  • Ijazah yang diakui (dan sudah diterjemahkan) (1x fotokopi legalisir & 2x fotokopi)

  • Surat motivasi (asli & 1x fotokopi)

  • Bukti korespondensi (2x fotokopi)

 

Informasi lebih lengkap dapat Anda akses di link di bawah: https://jakarta.diplo.de/blob/1893000/324d636420fb705a954510df2d0eda74/studium-data.pdf

 

7. PENCARIAN TEMPAT TINGGAL:

​Ada beragam cara untuk mendapatkan tempat tinggal di Jerman:

  1. Mencari lewat halaman facebook PPI di kota tujuan Anda jika tersedia, contohnya PPI Berlin-Brandenburg, karena disitulah tempat orang-orang Indonesia biasa bertukar informasi soal sewa menyewa apartemen.

  2. Untuk mahasiswa yang sudah mendapatkan Zulassungsbescheid dari Uni/FH dapat mencari Studentenwohnheim (apartment khusus mahasiswa). Untuk info lebih lanjut Anda dapat langsung mengunjungi website Studentenwohnheim di kota tujuan Anda.

Sumber:

  1. Visa Nasional dari Kedutaan Jerman di Jakarta (Maret 2021)

  2. Visa untuk Kuliah, Praktek dan Penelitian di Jerman dari Kedutaan Jerman di Jakarta (Maret 2021)

  3. Daftar Penerjemah dari Kedutaan Jerman di Jakarta