PERSYARATAN STUDI DI JERMAN:

 

1. SERTIFIKAT B1 BAHASA JERMAN

 

Untuk Anda yang ingin mengambil Bachelor, menurut peraturan permohonan VISA yang terbaru, Anda harus sudah memiliki Sertifikat B1 Bahasa Jerman (Informasi ini tertera di website kedutaan Jerman di Indonesia, bisa Anda baca ulang untuk mengupdate informasi yang terbaru). Anda bisa melakukan ujian B1 di Goethe-Institut di Indonesia di dekat daerah Anda.

2. BUKTI KESERIUSAN BELAJAR

 

Menurut informasi yang terbaru, setiap orang ingin memohon VISA dalam rangka kuliah, harus menyertakan bukti keseriusan Anda untuk belajar dalam bentuk percakapan antara Anda dengan Uni atau FH yang bersangkutan, contonya dalam bentuk Email atau lebih baik jika Anda sudah mendapat undangan ujian di salah satu Universitas di Jerman. Cara mendaftarkan diri untuk ujian masuk Studienkolleg bisa Anda lakukan lewat UNI-ASSIST dengan cara membuat akun di dalamnya terdahulu.

 

Nb: Tidak semua Uni memakai jasa UNI-ASSIST, maka Anda harus membaca informasinya di website Uni atau FH yang ingin Anda daftar.

 

3. MEMBUAT REKENING DEUTSCHE BANK

 

-Syarat untuk membuat rekening tidaklah sulit. Penuhilah persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk pembuatan rekening baru. Kemudian Anda hanya perlu membayar ongkos kirim dokumen Anda ke Jerman (biasanya orang memakai jasa DHL).

-Anda harus mengirim data-data yang diperlukan ke alamat Deutsche Bank di Jerman. Alamat ini bisa Anda dapatkan di website Deutsche Bank. Kemudian tunggulah selama 2-6 minggu, sampai Anda mendapat bukti pendaftaran Anda lewat Email dari Deutsche Bank.

-Kemudian Anda harus memiliki tabungan minimal 8,040€ di dalam rekening Anda untuk biaya hidup selama setahun di Jerman. Usahakan untuk memiliki uang lebih dari 8,040€ di dalam akun Anda! Perhitungkan biaya pengiriman uang dari Indonesia ke Jerman! Uang di dalam rekening Anda sangat aman, karena hanya Anda sajalah yang dapat mencairkan uang Anda sendiri. Kecuali Anda memberikan surat kuasa kepada wali Anda dan memenuhi persyaratan-persyaratan yang berlaku untuk mempercayakan orang lain mencairkan uang Anda.

 

4. PENDAFTARAN SEKOLAH BAHASA

 

Anda dapat mendaftarkan diri di Sekolah Bahasa di Jerman, di kota pilihan Anda atau di kota yang memiliki Sekolah Bahasa. Biasanya pendaftaran ini berlaku 3 bulan untuk setiap level bahasa yang didaftarkan.

Sekolah Bahasa adalah salah satu cara untuk melanjutkan Studi di Jerman. Ini bukanlah jalan utama.

 

5. MEMBUAT JANJI/TERMIN PERMOHONAN VISA

 

Sebelum Anda pergi menghadap kedutaan Jerman di Jakarta, haruslah Anda membuat janji (Termin) dahulu. Penetapan tanggal dan jam Termin dapat Anda lakukan di website Kedutaan Jerman. Pilihlah waktu yang tepat yaitu; sebelum jam penutupan loket di Kedutaan Jerman.

Nb: Baca keterangan selengkapnya mengenai jam buka dan jam tutup Kedutaan Jerman di Jakarta. Penempatan tanggal Termin dapat diganti atau dikembalikan,bila Anda tidak dapat hadir pada tanggal tersebut.

 

6. SIAPKAN DOKUMEN PERMOHONAN VISA

 

a.) Fotokopi Paspor (2x) 
b.) Fotokopi KTP (2x) 
c.) Fotokopi Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) yang dilegalisir Sekolah dan DEPDIKBUD (2x) 
d.) Fotokopi Daftar nilai UAS (NEM) yang dilegalisir Sekolah dan DEPDIKBUD (2x) 
e.) Fotokopi nilai Raport kelas 3 SMA (Semester 1 & 2) yang dilegalisir Sekolah dan DEPDIKBUD (2x) 
f.) Fotokopi Akta Lahir yang dilegalisir oleh Kepala Dinas Kependudukan di daerah masing-masing (2x)

C,D,E dan F juga harus DITERJEMAHKAN dan DILEGALISIR oleh PENERJEMAH TERSUMPAH. Bila Anda memperoleh Rapor dalam bahasa Inggris dari sekolah Anda, Anda dapat menggunakannya tanpa harus diterjemahkan dalam bahasa Jerman lagi. Ingat, semua TERJEMAHAN juga harus dirangkap DUA!

g.) Fotokopi Kartu Keluarga (2x) 
h.) Fotokopi Ijazah bahasa Jerman (B1) dilegalisir oleh pihak penyelenggara ujian (2x) 
i.) Foto 3x4 tidak lebih dari 6 bulan (2x) 
j.) Formulir pendaftaran Universitas yang sudah diisi (Antrag Auf Zulassung) (2x) 
k.) Print Out atau Fotokopi keuangan Deutsche Bank Anda (2x) 
l.) Fotokopi atau Print Out bukti pendaftaran Sekolah Bahasa (2x) 
m.) Print Out tanggal Termin yang Anda sudah booking sebelumnya! (2x) 
n.) Motivationsschreiben 200-300 kata (2x) 
o.) Formulir Permohonan VISA (2x)

 

7. BIAYA PEMBUATAN VISA

Biaya pembuatan VISA Jerman adalah 60€ disesuaikan dengan kurs yang berlaku pada saat permohonan VISA.

Kemudian Anda harus menunggu proses pengajuan VISA Anda dalam kurung waktu 4-6 minggu. Anda akan ditelefon oleh pihak Kedutaan Jerman.

 

Jika Anda tinggal di luar kota Jakarta, Anda dapat mengambil VISA Jerman Anda di Konsulat Jerman di daerah Anda (jika ada). Jika tidak ada, maka Anda harus mendatangi Kedutaan Jerman untuk mengambilnya. Biasanya, bila di daerah atau kota Anda terdapat Konsulat Jerman, maka Kedutaan Jerman akan menanyakan kepada Anda, apakah ingin mengambil VISA Anda lewat Konsulat Jerman di daerah Anda.

Terakhir, setelah Anda memperoleh VISA Jerman, carilah tiket untuk terbang ke Jerman. Akan lebih baik jika Anda sudah memiliki tempat tinggal sementara di Jerman.

Ingat! Setiap data atau dokumen yang akan Anda serahkan kepada Kedutaan Jerman haruslah dirangkap dua. Ini sangat penting!

PENCARIAN TEMPAT TINGGAL:

ada beragam cara untuk mendapatkan tempat tinggal di Jerman:
1. mencari di studentenwohnheim(apartemen khusus mahasiswa) yang tersebar diseluruh kota di Jerman, letaknya rata-rata berdekatan dengan daerah universitas. Untuk info lebih lanjut Anda dapat langsung mengunjungi website studentenwohnheim di kota tujuan Anda.

2. mencari lewat halaman facebook PPI di kota tujuan Anda jika tersedia, contohnya PPI Berlin karena disitulah tempat orang-orang Indonesia biasa bertukar informasi soal sewa menyewa apartemen.

Sumber:

1. Ketentuan Visa untuk Kursus Bahasa Jerman (Mar 2016) dari Kedutaan Jerman di Jakarta

2. Ketentuan Visa Pelajar dari Kedutaan Jerman di Jakarta

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now